BELANJA LEWAT POS

Beranda Produk Cara Belanja Info Bisnis Tentang kami

Penerbitan Prangko Seri Tahun Naga 2563

Tanggal terbit : 15 Januari 2012

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting dalam penanggalan China. Dimulai di hari pertama bulan pertama dan berakhir di tanggal kelima belas atau pada saat bulan purnama, perayaan ini dikenal sebagai Cap Go Meh.

Dalam tradisi China, tahun Baru Imlek didominasi dengan warna merah, lampion dan kembang api. Hal ini tidak terlepas dari legenda "Nian" yang sudah mengakar di masyarakat China. Nian adalah seekor raksasa pemakan manusia yang muncul di akhir musim dingin untuk memakan hasil panen, ternak dan penduduk. Untuk melindungi diri, para penduduk menaruh makanan di depan pintu rumah dengan harapan Nian akan memakannya dan tidak menyerang orang, hasil panen dan ternak mereka. Pada suatu waktu, penduduk melihat Nian lari ketakutan setelah bertemu dengan seorang anak kecil yang mengenakan pakain berwarna merah. Penduduk kemudian percaya bahwa Nian takut pada warna merah. Sehingga setiap kali tahun baru akan datang, para penduduk menggantungkan lentera dan gulungan kertas merah di jendela dan pintu. Mereka juga menggunakan kembang api untuk menakuti Nian.

Dalam kalender Gregorian, Tahun Baru Imlek jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahunnya, antara tanggal 21 Januari sampai 20 Februari. Menurut kalender China, tahun ini adalah tahun Naga Air yang dimulai 23 Januari 2012 dan berakhir 9 Februari 2013. Dua belas shio China yang menjadi siklus dalam kalender China diambil dari binatang mulai dari Tikus, Kerbau, Harimau, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Kera, Ayam, Anjing dan Babi. Shio Naga adalah satu-satunya makhlus mitos.

Menurut kepercayaan China Shio Naga melambangkan idealis, perfeksionis, ekstrovert, sangat agresif dan penuh tekad. Sesuai dengan karakter Naga tersebut, maka tahun 2012 ini dalam astrologi China dipercaya akan membawa perubahan. Akan tetapi, berbeda degan elemen tanah, logam, kayu atau api, elemen air yang mempengaruhi Naga bersifat tenang. Sehingga perubahan pada tahun 2012 lebih bersifat startegis.

Naga Air memiliki keseimbangan logika dan kreativitas yang akan mendorong kesadaran lingkungan serta kemampuan untuk melayani dan menyisihkan ego demi kebaikan semua. Dilihat dari perspektif global, tahun 2012 menjadi momentum untuk membatasi pemanasan global serta memberikan perhatian yang besar terhadap kesehatan, ketimpangan sosial dan kelaparan dunia. Ini adalah sebuah harapan sekaligus tantangan.

Prangko, Rp 60.000,-

Minisheet, Rp 15.000,-

Carik Kenangan, Rp 5.000,-

Sampul Hari Pertama Tahun Naga 2563 #1, Rp 9.500,-

Sampul Hari Pertama Tahun Naga 2563 #2, Rp 7.500,-

Kemasan Filateli, Rp 30.000,- (Belum tersedia)

Terbitan Prangko Tema Tahun Baru Imlek :

Tahun Macan 2010

 

 

 

Google